Selasa, 03 Januari 2012

Sekilas Hacker Dan Cracker



Hacker ? 
Kata itu sering kita denger di dumay (dunia maya), di setiap negara umumnya kata "Hacker" di artikan sebagai orang yang ahli dalam bidang komputer yang bisa melakukan pembobolan suatu situs, bisa mencuri credit card atau sesuatu yang berbau kriminal di dumay.

Kata "Hacker" berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan dan kata "Hacker" muncul pada awal tahun 60-an di Las Vegas yang mengadakan sebuah permainan (game) dengan memakai sistem computer networking (Jaringan Komputer) yang dimana cara bermainnya saling berusaha untuk masuk ke system computer lawan dan melumpuhkannya. Mulai dari situlah orang menamakan sebagai "Hacker" kepada sekelompok anak muda yang mengikuti permainan tersebut. 

Perkembangan selanjutnya organisasi mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT), organisasi tersebut merupakan salah satu perintis pengembang teknologi computer. 

Kata 'Hacker" Pertama kali muncul dengan arti positif untuk menyebut seorang anggota yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari pada yang telah dirancang bersama, namun pada tahun 1983, istilah hacker mulai menjadi negatif. pada tahun tersebut FBI untuk pertama kalinya menangkap kelompok kriminal komputer The 414s yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat. 414 merupakan kode area lokal mereka. Kelompok yang kemudian disebut hacker tersebut dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Satu dari pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan.

Cracker ?
Kata cracker sebutan untuk orang yang pandai masuk ke sistem orang lain dan lebih bersifat destruktif, cracker secara sengaja membobol keamanan komputer, melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, mencuri dan mendelete data orang lain. Cracker biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password / lisensi program komputer dan bermaksud jahat, proses pembobolan di lakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan system.


Baca Juga Artikel Dibawah



0 komentar:

Posting Komentar

 

Catatan Anak Mami. Copyright 2015 Blogger Template by Anak Mami